Categories : Tenses

 

Pengertian past future continuous tense adalah kalimat yang digunakan untuk menyatakan suatu aksi atau kegiatan yang akan dilakukan di masa lampau. Atau pengertian mudahnya, subyek pernah mengatakan bila dia akan melakukan sesuatu di masa depan. Pernah disini menunjukkan bahwa waktu saat subyek mengatakan akan melakukan kegiatan tersebut, terjadi di masa lampau. Jadi, bila Anda menceritakan seseorang atau Anda sendiri sedang akan melakukan sesuatu di masa lampau, maka kalimat ini termasuk dalam past future continuous tense. Untuk lebih mudahnya, Anda dapat memandang tense ini sebagai future continuous tense yang dilakukan di masa lalu. Kuasai Future Continuous Tense, maka Anda akan lebih mudah memahami tense ini.

Past Future Continuous Tense

Rumus Past Future Continuous Tense

Tense gabungan ini mempunyai satu jenis rumus, yaitu rumus untuk 3 kalimat dasar (kalimat positif, negatif dan interogatif atau kalimat tanya). Namun, dalam pengembangannya, rumus ini dapat membentuk berbagai jenis kalimat berdasarkan fungsinya. Dan, berikut 3 rumus past future continuous tense yang perlu Anda ketahui:

  • Kalimat Positif
    Subyek + Would/Should + Be + Verb 1-ing (Present Participle)
  • Kalimat Negatif
    Subyek + Would/Should + Not + Be + Verb 1-ing (Present Participle)
  • Kalimat Interogatif atau Kalimat Tanya
    Would/Should + Subyek + Be + Verb 1-ing (Present Participle)

Bentuk “verb 1-ing” digunakan karena kata kerja inilah yang dapat menyatakan aksi subyek. Yang paling penting, past future continuous tense juga hanya dapat digunakan pada kata kerja bertipe dynamic verb, atau kata kerja yang menyatakan terjadinya suatu aksi yang dilakukan subyek. Bukan pada stative verb, dimana kalimat dalam bentuk kata kerja ini digunakan untuk menyatakan suatu kondisi atau keadaan.

Fungsi Past Future Continuous Tense

Terdapat 2 fungsi past future continuous tense yang utama dan sering digunakan oleh banyak orang. Memang, tense ini jarang digunakan pada percakapan sehari-hari. Tetapi, banyak penulis cerita atau seseorang yang sedan bercerita menggunakan tense ini. Berikut 2 fungsi utama tense ini:

  • Tense ini digunakan untuk menyatakan suatu aksi atau kegiatan yang akan dilakukan di masa depan, pada saat masa lalu. Misalnya, Bob akan melakukan A kemarin.
  • Anda juga dapat menggunakan past future continuous tense untuk menyatakan prediksi mengenai aksi yang akan dilakukan di masa depan, pada masa lalu. Misalnya, saya memprediksi bila Bob akan melakukan A kemarin.

Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense

Untuk lebih mudah memahami tense ini, berikut beberapa contoh kalimat past future continuous tense berdasarkan fungsi yang disebutkan diatas.

  • Menyatakan Aksi yang Akan Dilakukan Di Masa Mendatang pada Masa Lalu
    Bob would be swimming at the pool, when I came to his house yesterday
    (Bob akan pergi berenang saat saya datang ke rumahnya kemarin)
    He wouldn’t be cleaning his house yesterday, if his mother didn’t come to his house
    (Dia tidak akan membersihkan rumahnya kemarin, jika saja ibunya tidak datang ke rumahnya)
  • Memprediksi Sesuatu Di Masa Lalu
    My mother thought I would be finishing my homework on time last night
    (Ibu saya berpikir bila saya akan dapat menyelesaikan pekerjaan rumah saya tepat waktu kemarin malam)
    Yesterday, Bob had a feeling that today would be raining all day long
    (Kemarin, Bob merasa bila hari ini akan turun hujan sepanjang hari)

Latihan Soal Past Future Continuous Tense

Latihan Interaktif : Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman Anda, silahkan klik latihan soal Past Future Continuous Tense ini

Beberapa penjelasan mengenai apa itu Past Future Continuous Tense, fungsi, contoh dan latihan soal di atas diharapkan dapat mempermudah Anda untuk memahami Past Future Continuous Tense.



Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

[GARANSI] Belajar Bhs Inggris Kilat 1 Bulan bisa Ngomong Tanpa Grammar 90% Praktek (KLIK_DISINI)
+ +