Categories : Tenses

 

Pengertian past future perfect tense pada dasarnya adalah bentuk kalimat yang digunakan untuk menyatakan sesuatu yang akan selesai dan telah dilakukan di masa lalu. Tense ini biasanya digunakan dengan 2 bagian, yaitu bagian kejadian yang telah dilakukan serta syarat kejadian tersebut dapat selesai dilakukan. Bentuk ini juga banyak digunakan pada kalimat-kalimat yang menyatakan pengandaian akan sesuatu yang dapat dan telah dilakukan di masa lalu, namun tidak dapat terjadi karena ada syarat yang tidak terpenuhi.

Past Future Perfect Tense

Rumus Past Future Perfect Tense

Tense ini dapat dibentuk dengan satu jenis rumus, yaitu rumus untuk 3 kalimat dasar. 3 kalimat dasar yang dimaksudkan disini adalah kalimat positif, negatif dan interogatif atau kalimat tanya. 3 rumus past future perfect tense untuk kalimat-kalimat dasar ini adalah:

  • Kalimat Positif
    Subyek + Would/Should + Have + Verb 3 (Past Participle)
  • Kalimat Negatif
    Subyek + Would/Should + Not + Have + Verb 3 (Past Participle)
  • Kalimat Interogatif atau Kalimat Tanya
    Would/Should + Subyek + Have + Verb 3 (Past Participle)

Penggunaan Verb 3 ini diperlukan karena tense ini digunakan untuk menyatakan kejadian di masa lampau. Sedangkan, “would/should have” merupakan bentuk lampau dari will/shall have yang digunakan pada Future Perfect Tense. Artinya, bila Anda ingin lebih mudah untuk memahami future past future perfect tense, Anda dapat mempelajari dan menguasai Future Perfect Tense terlebih dahulu. Past participle yang dapat digunakan disini dapat berupa regular verb atau kata kerja yang mendapat akhiran untuk mengubahnya menjadi bentuk masa lalu, maupun irregular verb yaitu kata kerja yang berubah

Fungsi Past Future Perfect Tense

Past future perfect tense pada dasarnya mempunyai 2 fungsi utama. Berikut penjelasan mengenai fungsi past future perfect tense :

  • Fungsi dasar dari past future perfect tense adalah untuk menyatakan kejadian yang akan selesai dilakukan di masa lalu. Biasanya, fungsi ini digunakan untuk menyatakan perkiraan akan suatu kejadian. Misalnya, Bob akan sudah melakukan A kemarin.
  • Past future perfect tense dapat pula digunakan untuk membuat pengandaian. Karena fungsi ini merupakan fungsi pengandaian, maka kejadian yang akan selesai dilakukan pada masa lalu tidak terjadi. Dalam fungsi ini, disertakan pula kalimat yang menjelaskan syarat dapat menyebabkan kejadian tersebut dapat terjadi. Misalnya, kalau saja Bob lebih cepat, maka dia dapat menyelesaikan A kemarin.

Contoh Kalimat Past Future Perfect Tense

Untuk lebih memahami bagaimana cara menggunakan tense ini, berikut beberapa contoh kalimat past future perfect tense. Contoh-contoh dibawah ini dibuat berdasarkan fungsi dari tense ini:

  • Fungsi Dasar
    She would have ate all the food, by the time Bob came from his job last night
    (Dia pasti sudah memakan semua makanan, pada waktu Bob pulang dari pekerjaannya kemarin malam)
    I thought Bob would have bought me a present for my birthday, yesterday
    (Saya berpikir bila Bob akan membelikan saya hadiah untuk ulang tahun saya, kemarin)
  • Pengandaian
    We would have finished our job faster, if we used more people yesterday
    (Kita pasti sudah akan menyelesaikan pekerjaan kita lebih cepat, jika kita menggunakan lebih banyak orang kemarin)
    If Bob came earlier this morning, we wouldn’t had any problem with our job
    (Jika saja Bob datang lebih cepat pagi ini, kita tidak akan mempunyai masalah dengan pekerjaan kita)

Latihan Soal Past Future Perfect Tense

Latihan Interaktif : Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman Anda, silahkan klik latihan soal Past Future Perfect Tense ini

Beberapa penjelasan mengenai apa itu Past Future Perfect Tense, fungsi, contoh dan latihan soal di atas diharapkan dapat mempermudah Anda untuk memahami Past Future Perfect Tense.



Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

[GARANSI] Belajar Bhs Inggris Kilat 1 Bulan bisa Ngomong Tanpa Grammar 90% Praktek (KLIK_DISINI)
+ +